Harga Paket Wisata Malang Bromo Murah

Harga Paket Wisata Malang Bromo Murah

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif di Jawa Timur yang terletak di sepanjang perbatasan kabupaten Lumajang, kabupaten pasuruan, kabupaten Malang, dan kabupaten Probolinggo. Gunung Bromo Masuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Nama Gunung Bromo berasal dari kata Brahma, yang merupakan salah satu Dewa agama Hindu. MaHarga Paket Wisata Malang Bromo Murahsyarakat sekitar tempat wisata Bromo (disebut juga suku Tengger, suku dari suku Jawa keturunan dari kerajaan Majapahit) memang banyak memeluk agama Hindu sebagai keyakinan yang dianut. Sejarah dari gunung Bromo bisa kita dapati dari kisah legenda Joko Seger dan Roro Anteng. Kisah legenda ini menceritakan kisah terbentuknya kawah gunung Bromo, gunung Batok dan lautan pasir yang ada di sekitar kaldera gunung Bromo.

Dengan ketinggian 2.392 m dpl, tempat wisata Bromo mampu memikat dan mempesona setiap wisatawan yang datang untuk mengunjunginya. Wisata Bromo sendiri sampai saat ini  masih menjadi icon wisata Jawa Timur. Keelokan salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini telah dikenal dari generasi ke generasi, bahkan sampai di mancanegara. Tidak hanya pemandangan sunrise (matahari terbit) saja yang menjadi daya tarik tempat wisata gunung Bromo. Daya tarik tempat wisata Bromo semakin terlengkapi dengan adanya beberapa tempat wisata yang ada di sekitarnya yang semakin menjadikan wisata Bromo sebagai tempat yang unik dan menyenangkan.

Pemandangan dari gunung Bromo bisa dinikmati secara utuh dan langsung melalui lokasi yang disebut ‘View Point’. View Point adalah tempat yang digunakan untuk menikmati matahari terbit dan keindahan gunung atau kaki gunung Bromo dari ketinggian. Pada umumnya begitu menjejakkan kaki di wisata Bromo, wisatawan akan menuju ke View Point terlebih dahulu. Sebanyak lima tempat yang bisa jumpai yang di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, yaitu Pananjakan 1, Bukit Cinta, Sruni Point, Bukit KingKong dan terakhir Puncak B29. Puncak B29 merupakan view point yang baru dikembangkan dan tempatnya agak jauh dari keempat view point lainnya.

Harga Paket Wisata Malang Bromo Murah

Pada umumnya wisatawan yang datang akan mengawali tour wisata mereka sejak dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, menggunakan kendaraan 4×4 seperti Jeep & Hardtop atau motor menuju lokasi Penajnjakan I. Lho, tour wisata di pagi buta? Iya benar karena memulai tour pada jam itu harapannya Anda tidak ketinggalan untuk dapat menyaksikan keindahan sunrise dari view point tadi.

Banyak sekali destinasi atau tempat wisata yang ada di gunung Bromo yang akan membuat Anda terpesona dengan keindahan alam Bromo. Beberapa di antara yang secara umum disediakan oleh agen perjalanan dengan harga paket wisata Malang Bromo murah adalah sebagai berikut:

  1. Penanjakan I

Penanjakan I merupakan view point tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo dan menjadi lokasi favorit untuk melihat keindahan sunrise. Untuk mencapai lokasi Penanjakan I pengunjung wajib menggunakan kendaraan jeep atau 4×4 mengingat akses kesini cukup banyak tikungan tajam dan curam. Alternatif lain jika menggunakan kendaraan 4×4 pengunjung bisa menggunakan sepeda motor.

  1. Penanjakan II

Lokasi Penanjakan II merupakan lokasi alternatif untuk melihat keindahan matahari terbit di wisata Bromo. Pengunjung yang pergi ke wisata Bromo melalui rute probolinggo bisa memilih lokasi wisata Bukit Penanjakan II (View Point Seruni) untuk melihat sunrise. Akan tetapi jangan salah, walaupun memiliki lokasi lebih rendah dari Penanjakan I namun memiliki pemandangan yang tidak kalah mempesona. Lokasi Penanjakan II bisa menjadi tujuan wisata alternatif karena untuk menunju kesini tidak diperlukan kendaraan 4×4. Lokasi bisa mudah di akses kendaran roda 2 dan kendaraan roda 4 biasa.

Pemandangan di Penajnjakan II ini bahkan lebih bagus pada saat musim hujan (bulan september sampai bulan mei) karena sunrise muncul tepat dari arah timur. Pada saat musim kemarau sunrise muncul agak lambat sehingga rata-rata wisatawan berpindah ke lokasi Penanjakan II.

  1. Kawah Gunung Bromo

Kawah gunung Bromo merupakan kawah unik dengan garis tengah sepanjang 800 meter. Tempat ini merupakan destinasi kedua yang dikunjungi oleh wisatawan. Untuk dapat mengunjungi kawah gunung Bromo, wisatawan bisa melakukan dengan dua cara, dengan menunggang kuda atau berjalan kaki untuk kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga untuk sampai di bibir kawah. Lumayan menguras tenaga untuk sampai di bibir kawah dengan melalui sebanyak 250 anak tangga. Pemandangan dipuncak kawah Bromo bisa digambarka amat sangat elok dengan hamparan pemandangan gunung Batok dan pegunungan tengger yang membentuk garis – garis terjal, tepat berada disamping kawah gunung Bromo.

  1. Padang Savana

Padang savana merupakan sebuah hamparan rumput hijau yang sangat luas dengan ukuran sekitar 10 Km persegi. Sebuah lembah hijau menawan yang di kelilingi oleh tebing-tebing menjulang tinggi. Pemandangan hijau memang terlihat sangat kontras karena jalur untuk mencapai savana ini merupakan lautan pasir luas dan gersang.

Letak dari tempat wisata ini berada di sebelah selatan kawah gunung Bromo (di selatan timur Gunung Bromo) atau di kawasan Jemplang. Suasana teduh dan nyaman akan langsung terasa apabila Anda sampai di lokasi ini. Banyak akan Anda jumpai keunikan tersendiri dari padang savana gunung Bromo ini. Akses termudah untuk mencapai tempat wisata ini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah melalui Lumajang dan Malang.

  1. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies berlokasi di selatan Gunung Bromo, satu jalur untuk menuju padang rumput Savana. Bukit Teletubies merupakan gundukan-gundukan kecil yang sangat indah, di tumbuhi rerumputan dan semak hijau khas pegunungan, mirip miniatur di film teletubies. Kemiripan ini menjadi asal penyebutan nama Bukit Teletubies.

  1. Lautan Pasir (Pasir Berbisik)

Pasir berbisik merupakan ciri khas unik yang tidak dimiliki oleh tempat wisata gunung berapi lainnya di Indonesia. Tempat ini merupakan hamparan pasir yang terbentang luas membentuk garis – garis memanjang yang sangat elok. Anda seakan-akan bisa mendengar suara bisikan angin ketika mendekatkan diri pada pasir. Pada hamparan laut pasir ini juga terselip pemandangan lereng-lereng bukit sebagai pembatas lautan pasir dengan kawasan hutan gunung bromo. Tidak heran tempat wista Bromo yang satu ini juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang mengunjungi gunung Bromo.

  1. Bukit Mentigen

Selain lokasi Penanjakan I dan Penanjakan II, alternatif ke tiga untuk melihat sunrise adalah dari bukit Mentigen. Lokasi ini bisa ditempuh cukup dengan jalan kaki saja dari area penginapan atau hotel yang banyak tersedia di daerah cemara lawang Probolinggo. Walaupun lokasinya tidak terlalu tinggi, namun bisa menjadi alternatif terbaik terutama kalau wisata Bromo dengan semangat backpacker tanpa kendaraan. Lokasi yang harus ditempuh dengan jalan kaki  tidak terlalu jauh dari cemara lawang.

  1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo, bisa ditempuh dari arah Probolinggo Tongas. Akses jalan sudah sangat bagus sehingga bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 biasa dan kendaraan roda 2. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Bromo. Cukup dengan membeli tiket masuk dengan harga murah, Anda sudah disuguhi pemandangan yang sangat mempesona.

  1. B 29 Argosari

Tujuan wisata B 29 Argosari memang masih asing bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo. Lokasi ini merupakan salah satu spot favorit untuk camping. Yang perlu diketahui, lokasi ini merupakan puncak tertinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari Penanjakan I. Karena lokasinya yang sangat tinggi, B 29 Argosari memiliki udara yang sangat dingin. Letak dari tujuan wisata ini berada di desa Argosari Kecamatan Senduro, sekitar 40 km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke lokasi B 29 ini akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang (jalur selatan).

  1. Bromo Milky Way

Pemandangan Bromo milky way merupakan pemandangan gugusan bintang-bintang yang hanya bisa dijumpai saat malam hari. Pemandangan gugusan bintang di wisata Bromo menjadi sangat bagus karena tempat yang jauh dari sorot lampu sehingga dalam keadaan gelap sempurna.

Nama ‘Bromo Milky Way’ baru menjadi trending sekitar tahun 2013 – 2014, sejak seorang wisatawan mancanegara meng-upload keindahan milky way dari Gunung Bromo di youtube. Sejak saat itu fotografer dari berbagai belahan dunia berlomba berburu foto galaksi bima sakti dari puncak gunung Bromo. Waktu terbaik untuk berburu panorama Bromo milky way adalah saat musim kemarau, mulai bulan Mei sampai bulan September karena pada saat itu langit dalam kondisi cerah.

Jalur Transportasi Wisata Gunung Bromo

Kawasan wisata Bromo saat ini sangat mudah untuk dijangkau. Untuk dapat mencapai lokasi, wisatawan dapat memilih beberapa alternatif fasilitas transportasi yang tersedia. Dengan memilih harga paket wisata Malang Bromo murah, wisatawan yang berasal dari luar Jawa Timur pada umumnya akan transit dulu di Surabaya untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju rute yang ada. Rute saat ini yang bisa diambil untuk bisa mencapai kawasa wisata gunung Bromo adalah sebagai berikut :

  1. Rute melalui Kabupaten Lumajang

Apabila wisatawan menempuh lewat jalur kabupaten Lumajang, perjalanan bisa ditempuh dari kota Lumajang menuju ke Kecamatan Senduro. Setelah itu, pengunjung bisa meneruskan perjalanan menuju desa Ranu Pane dengan melewati perbukitan menuju ke kawasan wisata Bromo melewati kawasan Jemplang. Sesampainya di kawasan Jemplang, dari arah kejauhan pengunjung sudah bisa melihat pemandangan gunung Bromo.

  1. Rute melalui Kota Malang

Untuk rute yang melalui Kota Malang, perjalanan bisa ditempuh dari kota Malang menuju ke kecamatan Tumpang (masuk wilayah Kabupaten Malang). Dari arah Tumpang perjalanan akan diteruskan melewati desa Bulak Klakah yang kemudian akan bertemu dengan jalur dari arah Lumajang, yaitu kawasan Jemplang. Dari sini perjalanan akan langsung melewati padang savana gunung Bromo

  1. Rute melalui Pasuruan

Perjalanan bisa dimulai dari kota Pasuruan menuju kecamatan Wonorejo dan melanjutkan ke kecamatan Warung Dowo. Setelah Warung Dowo perjalanan akan melewati kecamatan Tosari, dari kecamatan Tosari perjalanan akan dilanjutkan menuju ke desa Wonokitri. Sesampai desa Wonokitri perjalanan bisa langsung menuju ke lokasi wisata Penanjakan Gunung Bromo

  1. Rute melalui Probolinggo

Rute melalui Probolinggo merupakan jalur utama menuju kawasan wisata Gunung Bromo. Jalur ini merupakan jalur favorit wisatawan karena melalui jalur ini bisa dijumpai berbagai keindahan alam khas selama menuju ke gunung Bromo. Rute perjalanan Probolinggo ditempuh dari Surabaya melalui kabupaten Pasuruan. Untuk mencapai Kabupaten Probolinggo bisa ditempuh dengan menyusuri jalur pantura untuk kemudian sampai di pertigaan kecamatan Tongas. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju ke kecamatan Lumbang. Dari rute ini wisatawan juga bisa mampir terlebih dahulu ke tempat wisata Air Terjun Madakaipura.

Sesampainya di kecamatan Lumbang perjalanan akan diteruskan menuju ke kecamatan Sukapura, mengikuti jalan menuju ke desa Cemoro Lawang. Sampai di sini wisatawan telah sampai di pintu utama untuk masuk ke kawasan wisata gunung Bromo.

Bagi Anda yang benar-benar ingin berwisata sepenuhnya tanpa ingin direpotkan dengan membawa kendaraan sendiri, Anda bisa memilih travel perjalanan yang menyediakan harga paket wisata Malang Bromo murah.

Tips Berwisata Ke Wisata Gunung Bromo

Sama seperti perjalanan wisata ke lokasi yang lainnya, persiapan yang matang juga diperlukan sebelum Anda berencana menikmati keindahan kawasan wisata gunung Bromo. Beberapa tips sederhana yang layak dipertimbangkan untuk persiapan berwisata ke Gunung Bromo adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah Waktu Pemberangkatan Yang Tepat

Mengunjungi Bromo pada waktu musim kemarau, Anda akan dapat menyaksikan matahari terbit dengan sangat bagus dan sempurna. Akan tetapi, kekurangannya adalah kondisi pemandangan dari padang savana yang kurang begitu bagus karena rumput – rumput di padang savana yang mengering. Apabila Anda mengunjungi kawasan wisata Bromo pada musim penghujan, Anda akan berpotensi kehilangan pemandangan Sunrise (walaupun kadang kondisi juga cerah walaupun musim hujan), akan tetapi akan mendapatkan keindahan padang savana yang menghijau. Tinggal Anda dapat memilih prioritas kondisi yang seperti apa yang diinginkan pada kawasan wisata gunung Bromo..

  1. Jagalah Kondisi Fisik

Persiapan yang satu ini merupakan syarat mutlak. Kawasan wisata gunung Bromo memiliki suhu yang sangat dingin, bahkan ekstrim. Persiapan yang kurang memadai pada umumnya akan menyebabkan wisatawan jatuh sakit justru pada saat pemandangan alam mempesona terpampang di depan mata.

  1. Persiapkan Perlengkapan Pribadi, khususnya untuk cuaca dingin

Persiapan berikutnya sebelum menuju wisata Bromo adalah perlengkapan – perlengkapan pribadi seperti kaos tangan, kaos kaki, jaket dan masker. Di lokasi sekitar tempat wisata Bromo juga banyak sekali baik penjual ataupun persewaan perlengkapan – perlengkapan menuju lokasi wisata. Persiapkan juga perlengkapan pendukung seperti kamera atau handycam untuk mengabadikan momen – momen yang dijumpai selama berwisata.

  1. Persiapkan Akomodasi Jauh – Jauh Hari

Pada saat musim liburan, pada umumnya akomodasi dan penginapan di lokasi wisata sudah terbooking dan penuh. Belum lagi dengan kenaikan harga yang akan lebih mahal. Dengan pemesanan akomodasi jauh – jauh hari, Anda tidak akan kebingungan dan lebih bisa berhemat.

Persiapan akomodasi ini juga bisa Anda peroleh dengan mudah melalui agen perjalanan yang menyediakan harga paket wisata Malang Bromo murah. Demikian, semoga ulasan pada artikel ini bermanfaat.

Summary
Paket Wisata Tour Bromo Sunrise Malang
User Rating
5 based on 10 votes
Service Type
Paket Wisata Tour Bromo Sunrise Malang
Provider Name
CV. Alfa Jaya Minakjinggo,
Ruko SBC (Sukarno Hatta Business Center),Jl. Sukarno Hatta Kav. 35,Malang-65141,
Telephone No.085604007900
Area
Malang, Batu, Bromo
Description
Menerima paket untuk family tour dan group, khusus paket Bromo kami beri pilihan kepada Anda bisa menginap di Malang, Batu atau di Bromo.